Capaian Pembelajaran

NoRumusan SingkatRumusan CPL
1Menerapkan ilmu Sosial dan perilaku manusia (behavioral sciences) dalam bidang Pembelajaran dan Pengembangan masyarakat1. Menguasai Filsafat Pembelajaran dan Pengembangan masyarakat.
2. Menguasai berbagai teori dan konsep ilmu sosial dalam bidang Pembelajaran dan Pengembangan  masyarakat.
3. Memanfaatkan teori dan konsep ilmu sosial dalam Pembelajaran dan Pengembangan Masyarakat.
2Mengidentifikasi, menganalisis, menformulasikan, dan menetapkan kebutuhan belajar dan sumber masalah bidang Pembelajaran dan Pengembangan masyarakat;1. Memiliki kemampuan analisis dalam mengidentifikasi isu-isu sosial, kebutuhan belajar dan sumber belajar.
2. Menetapkan kebutuhan dan sumber belajar bidang pembelajaran dan pengembangan masyarakat.
3Menyelesaikan masalah bidang Pembelajaran dan Pengembangan masyarakat melalui program pelatihan, pemberdayaan masyarakat berdasarkan pendekatan, strategi dan metode pedagogi sosial dan andragogi1. Merencanakan program pembelajaran dan Pengembangan masyarakat.
2. Mengorganisasikan sumber daya dalam program  pembelajaran dan  pengembangan masyarakat.
3.  Melaksanakan Program Pembelajaran dan Pengembangan masyarakat
4. Mengendalikan Program dan Hasil Pembelajaran dan Pengembangan masyarakat
4Mengusulkan solusi terbaik untuk  menyelesaikan masalah dalam bidang Pembelajaran dan Pengembangan masyarakat1. Memiliki kemampuan berpikir sistemik dalam memahami masalah  dalam pembelajaran dan pengembangan masyarakat.
2. Menguasai konsep pemecahan masalah (analisis resiko) dalam pembelajaran dan pengembangan masyarakat.
3. Memanfaatkan metodologi penyelesaian masalah dalam pembelajaran dan pengembangan masyarakat.
4. Memiliki  kemampuan dalam memecahkan masalah pembelajaran dan pengembangan masyarakat secara kreatif inovatif.
5Memilih sumber daya dan memanfaatkannya secara efektif dan efisien dalam masalah Pembelajaran dan Pengembangan masyarakat;1. Memiliki kemampuan menganalisis potensi sumber daya secara efektif dan efisien dalam pembelajaran dan pengembangan masyarakat.
2. Menerapkan strategi pemanfaatan sumber daya secara efektif dan  efisien dalam memecahkan masalah pembelajaran dan pengembangan.
3. Memiliki kemampuan mengelola sumber daya secara efektif dan efisien dalam memecahkan masalah pembelajaran dan pengembangan.
6Mengendalikan atau melakukan pendampingan dalam Pembelajaran dan pengembangan masyarakat;1. Menganalisis kebijakan kebijakan yang terkait dengan pembangunan pendidikan.
2. Memiliki kemampuan dalam menyusun perangkat pengendalian pembelajaran dan pembangunan masyarakat (merancang kriteria, format instrumen dan melaksanakan).
3. Memiliki kemampuan memfasilitasi pendampingan dalam pembelajaran dan pengembangan masyarakat (advokasi , marketing, sosialisasi, penumbuhan motivasi, menyelesaikan masalah).
4. Memiliki kemampuan membangun kemitraan dalam pembelajaran dan pengembangan masyarakat.
7Merancang dan melaksanakan program atau intervensi bidang Pembelajaran dan Pengembangan masyarakat;1. Memiliki Kemampuan merancang program pembelajaran dan pengembangan masyarakat.
2. Memiliki kemampuan melaksanakan program pembelajaran dan pengembangan masyarakat.
3. Memiliki Kemampuan dalam menyusun evaluasi program dalam pembelajran dan pengambanagan masyarakat.
4. Memiliki Kemampuan dalam mendiseminasikan program dalam pembelajran dan pengembangan masyarakat
8Mengkritisi kebijakan penyelesaian masalah sosial dari sudut pandang Pembelajaran dan Pengembangan masyarakat;1. Memiliki kemampuan dalam mengkaji kebijakan – kebijakan yang terkait dengan pembangunan pendidikan dan pengembangan masyarakat.
2. Memiliki kemampuan dalam  mengembangkan kebijakan-kebijakan inovatif yang terkait dengan pembangunan pendidikan dan pengembangan masyarakat.
3. memiliki kemampuan dalam menjabarkan kebijakan program nasional dan internasional bidang pendidikan dan pengembangan masyarakat.
4. memiliki kemampuan mengkaji kebijakan dalam penyelesaian masalah-masalah sosial.
9Mengkomunikasikan hasil riset bidang Pembelajaran dan Pengembangan masyarakat serta memanfaatkannya dalam pengembangan program pelatihan dan pemberdayaan masyarakat1.  Memiliki kemampuan metodologis (alur berpikir ilmiah, konten, redaksi, sistematika dan plagiasi) dalam melakukan riset pembelajran dan pengembangan masyarakat.
2. Menguasai konsep dan aplikasi ICT untuk memperoleh bahan informasi  dan publikasi hasil-hasil penelitian dalam pembelajaran dan pengembangan masyarakat.
3. Memiliki kemampuan dalam memanfaatkan Sumber-sumber Publikasi untuk pengembangan keilmuan dan implementasi dalam pembelajaran dan pengembangan masyarakat